Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MANAJEMEN OPERASIONAL OPERASI DAN PRODUKTIVITAS

 

MAKALAH

MANAJEMEN OPERASIONAL

OPERASI  DAN PRODUKTIVITAS



Dosen Pengampu :

Apolinaris S. Awotkay, SE.,MM

Disusun Oleh :

Kelompok 1 :

Juan Elfonda Y. Sanda Rombe      202161201012                    Yuliani Suci Rahawarin                   202161201165

Maheswary Asmaradani                  202161201084                    Shandi Putra Irjayanto                    202161201074

Ayu Patricia Bara                             202161201063                    Akhmad Syamsul Asikin 202161201059

Andika Cahya Putra                         202161201086                    Syahrani                                               202161201117

Mingwa Diajeng Kriez Annanta    202161201149                    I Kadek Wahyu Adhi Sandhika      202161201112

 

 

JURUSAN MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE

TAHUN 2O22

 


 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kami panjatkan kepada  Tuhan semesta alam, tuhan yang maha Esa. Karena atas berkatnya, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah kami sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Makalah dengan judul “manajemen operasional Operasi  dan produktivitas” ini dibuat sebagai syarat tugas mata kuliah MANAJEMEN OPERASIONAL.

Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Kritik dan saran membangun kami harapkan  dari setiap pembaca makalah ini.

 

 

Merauke, 12 Maret 2022

 

Penyusun,

 

 


 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

DAFTAR ISI

BAB I 4

PENDAHULUAN.. 4

1.1 LATAR BELAKANG.. 4

1.2 RUMUSAN MASALAH.. 4

1.3 TUJUAN.. 4

BAB II 5

PEMBAHASAN.. 5

2.1 MANAJEMEN OPERASI 5

2.2 BARANG DAN JASA.. 6

2.3 PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS. 6

2.4 PRODUKTIVITAS FAKTOR TUNGGAL. 7

2.5 PRODUKTIVITAS MANUFAKTUR. 7

BAB III 9

PENUTUP. 9

3.1 KESIMPULAN.. 9

3.2 SARAN.. 9

 

 

  

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 LATAR BELAKANG

Setiap hari, Manajer Operasi di seluruh dunia menghasilkan produk-produk untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam organisasi produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang/jasa dalam perusahaan. Dalam kegiatan ini, faktor-faktor produksi tersebut dapat dikordinir, digabungkan, bahkan seringkali dipecah, kemudian digabungkan kembali untuk menjadi wujud lain dari wujud asalnya.

 

1.2 RUMUSAN MASALAH

a.       Apa itu Manajemen Operasi ?

b.      Apa itu barang dan jasa ?

c.       Apa itu produksi dan produktivitas ?

d.      Apa saja produktivitas faktor tunggal ?

e.       Apa saja produktivitas manufaktur ?

 

1.3 TUJUAN

a.       Agar mengetahui apa itu manajemen operasi

b.      Agar mengetahui apa itu barang dan jasa

c.       Agar mengetahui apa itu produksi dan produktivitas

d.      Agar mengetahui apa itu produktivitas faktor tunggal

e.       Agar mengetahui apa itu produktivitas manufaktur

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 MANAJEMEN OPERASI

Manajemen operasi merupakan serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Terlepas dari produksinya yang merupakan produk barang/jasa, aktivitas produksi yang berlangsung dalam organisasi biasa di sebut operasi atau manajemen operasi.

Pentingnya manajemen operasi dalam suatu perusahaan dapat dilihat dari pengelolaan Perusahaan. Berikut beberapa factor yang membuat pengelolaan operasi sangat penting :

·         Membantu Pencapaian Tujuan.

Manajemen operasi memilih peran efektif dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

·         Meningkatkan Produktivitas

Manajemen operasional meningkatkan produktivitas karyawan. Tidak hanya mengukur kinerja karyawan, pengelolaan operasional berguna untuk melatih dan mendidik karyawan untuk menungkatkan kinerja.

·         Meningkatkan Niat Baik.

Manajemen operasional membantu meningkatkan niat baik dan eksistensi perusahaan.

·         Memotivasi Karyawan.

Manajemen operasional membantu memotivasi karyawan dalam memahami peran masing-masing sehingga karyawan akan diberi remunerasi dan diberi penghargaan sesuai dengan tingkat kinerja mereka.

 


 

2.2 BARANG DAN JASA

Dalam manajemen operasi, Barang dan jasa meruapakan salah satu bentuk hasil dari kegiatan di suatu perusahaan.

 

·         Barang/Produk

Menurut fandy Tjiptono, barang merupakan produk dengan wujud fisik yang menjadikan bisa dilihat, dirasa, disentuh, dipegang dan ,emdapt perlakuam fisik lainnya. Kegunaan barang juga terbagi menjadi dua jenis yang pertama subsitusi dan barang komplomenter.

·         Definisi Jasa

Jasa merupakan kegiatan ekonomi yang hasilnya tidak berwujud dalam arti jasa merupakan suatu kegiatan layanan kepada konsumen yang membutuhkan layanan tersebut.

·         Karakteristik Jasa :

1.      Bersifat intangible artinya tidak mampu di lihat dan dirasa.

2.      Bersifat tak tahan lama sehingga hal ini tidak dapat disimpan seperti halnya barang.

·         Perbedaan Antara Produk / Barang dan Jasa

1.      Jasa bersifat tidak nyata sedangkan produk bersifat nyata.

2.      Jasa biasanya di produksi dan dikonsumsi secara langsung sedangkan produk menggunakan sarana peralatan tertentu.

 

2.3 PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS

Kita sering mendengar istilah “produktivitas” untuk mengukur efisiensi seseorang, mesin, pabrik ataupun sistme dalam mengubah input (masukkan) menjadi output (keluaran) yang di inginkan. Yang di maksud input dalam produktivitas ini dapat berupa sumber daya yang digunakan seperti modal, tenaga kerja, bahan (material) dan energi sedangkan output dapat berupa jumlah unit produk ataupun pendapatan yang di hasilkan.

Ukuran produktivitas biasanya dinyatakan dengan ratio membandingkan antara output terhadap input yang digunakan dalam proses produksi atau output perinput unit.

Pengertian produktivitas menurut para ahli :

1.Pengertian Produktivitas Menurut Daryanto (2012:41).

Prokduktivitas adalah sebuah konsep yang menggambarkan hubungan antara hasil (jumlah barang dan jasa yang diproduksi) dengan sumber (jumlah tenaga kerja, modal, tanah, energi, dan sebagainya) untuk menghasilkan hasil tersebut .

 

2.Pengertian Produktivitas Menurut Handoko (2011 : 210)

Produktivitas adalah hubungan antara masukkan-masukkan dan keluaran-keluaran suatu system produktif.dalam teori, sering mudah mengukur hubungan ini sebagai rasio keluaran dibagi masukkan.bila lebih banyak keluaran diproduksi dengan jumlah masukkan sama, produktivitas naik. Begitu juga, bia lebih sedikit masukkan digunakan untuk sejumlah keluaran sama, produktivitas juga naik.

 

 Produktivitas dapat diukur dengan dua cara yaitu menggunakan sumber daya sebagai input untuk mengukur produksi dan produktivitas tersebut dan memasukan semua input.

 

2.4 PRODUKTIVITAS FAKTOR TUNGGAL

Pengertian produktivitas merupakan rasio antara output (barang dan jasa dibagi dengan input (sumber daya seperti modal da tenaga kerja). Produktivitas yang tinggi selalu menjadi target rutin yang diambil oleh seluruh perusahaan dalam mencapai keuntungan yang tinggi.

 

2.5 PRODUKTIVITAS MANUFAKTUR.

Produktivitas manufaktur adalah suatu proses produksi suatu barang yang diubah dari barang mentah kemudian menajadi barang setengah jadi yang selanjutnya diproses menjadi bahan jadi.

 

 

 

 

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan produktivitas manufaktur :

·         Kepemimpinan Yang Baik.

Kepemimpinan adalah kemampuan yang dpaat dipelajari. Jika jiwa kepemimpinan yang baik telah diterapkan, maka hal itundapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

 

·         Penerapan System Lean Manufacturing

Konsep learn manufacturing adalah metode dan strategi manajemen untuk meningkatkan efisiensi di suatu lini manufakur dengan tujuan memaksimalkan nilai atau value dengan pelanggan dan untuk menghilangkan waste atau aktivitas yang tidak diberikan nilai.

 

·         Teknologi Otomatisasi Efektif Meningkatkan Produktivitas Manufaktur

Salah satu contohnya teknologi otomatisasi ini adalah dengan mengimplementasikan system computing ERP Software yang sudah terbukti mampu meningkatkan performa perusahaan.

 

·         Edukasi Yang Baik Untuk Karyawan

Edukasi ini merupakan salah satu penerapan yang bertujuan dalam rangka pengembangan sumber daya. Agar terjadi keseimbangan antara suatu proses dengan proses yang lain.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1 KESIMPULAN

Manajamen Operasi merupakan suatu kegiatan yang mengolah factor-faktor produksi untuk menciptakan produk (barang/jasa) agar bernilai tambah melalui proses transformasi. Selain itu, istilah manajemen operasi juga merujuk pada konsep pegaturan dengan penekanannya yang memiliki nilai tambah. Kegiatan penciptaan nilai tambah terbentuk karena adanya factor-faktor produksi seperti bahan-bahan, orang-orang, mesin dan peralatan lainnya.

Produksi dan produktivitas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang menghasilkan barang/jasa. Produktivitas sendiri akan menghasilkan efisiensi dalam kegiatan operasional perusahaan jika dipengaruhi oleh kinerja sesorang di suatu kelompok/perusahaan.

3.2 SARAN

Manajemen operasi tentunya harus dijalankan oleh sumber daya yang matang sehingga perusahaan dan kelompok tersebut mendapatkan keuntungan dari hasil prouks yang telah dibuat. Penerapan ini muncul jika efisiensi produksi dijalankan dan dicapai dengan memanfaatkan sumber daya yang sekecil mungkin.


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Jay Heizer Barry Render,Operations Management, buku 1, edisi 9.

https://ardra.biz/topik/rumus-cara-menghitung-peningkatan-produktivitas-multifactor-productivity/

https://www.jurnal.id/id/blog/manajemen-operasional-strategi-dan-fungsinya/

http://ptpn1.co.id/artikel/pengertian-produktivitas-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-produktivitas

https://id.m.termwiki.com/ID/multifactor_productivity#:~:text=Untuk%20sektor%20manufaktur%2C%20multifactor%20produktivitas,diukur%20dengan%20jumlah%20jam%20bekerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment for "MANAJEMEN OPERASIONAL OPERASI DAN PRODUKTIVITAS"